KBM BDR SDN KAMPUNG BAMBU II TAHUN PELAJARAN 2020/2021
1. Menetapkan
model pengelolaan satuan pendidikan selama BDR, diantaranya:
a. bekerja
dan mengajar dari rumah bagi guru dan tenaga kependidikan
b. menentukan
jadwal piket apabila diperlukan. Dalam hal dilakukan piket hendaknya
berkoordinasi dengan dinas pendidikan dan gugus tugas penanganan COVID-19
setempat.
2. Memastikan
sistem pembelajaran yang terjangkau bagi semua peserta didik termasuk peserta
didik penyandang disabilitas.
3. Membuat
rencana keberlanjutan pembelajaran. Jika masa darurat COVID-19 dan kegiatan BDR
diperpanjang maka perlu mengoordinir para guru untuk berkreasi dengan
menggunakan bahan ajar yang terdiri dari:
a. instruksi
dan materi pembelajaran daring dengan menggunakan media dan sumber belajar
daring.
b. instruksi
dan materi pembelajaran luring dengan menggunakantelevisi, radio, buku, dan
modul pembelajaran mandiri peserta didik.
c. intruksi
untuk melakukan adaptasi materi pembelajaran untuk peserta didik penyandang
disabilitas.
4. Melakukan
pembinaan dan pemantauan kepada guru melalui laporan pembelajaran yang
dikumpulkan setiap minggu
a. memastikan
guru memfasilitasi pembelajaran jarak jauh baik secara daring maupun luring;
b. memastikan
rencana pelaksanaan pembelajaran menerapkan pembelajaran bermakna, kegiatan
kecakapan hidup dan aktivitas fisik; dan
c. memastikan
adanya materi edukasi untuk orang tua/wali peserta didik terkait pencegahan
COVID-19 dan menerapkan pola perilaku hidup bersih di rumah.
5. Memastikan
ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki guru dalam memfasilitasi
pembelajaran jarak jauh baik secara daring maupun luring selama darurat
COVID-19.
a. Ketersediaan
gawai/komputer/laptop untuk fasilitas pembelajaran daring.
b. Akses
ke media pembelajaran daring dan luring.
c. Distribusi
sarana pembelajaran luring dan alat peraga ke rumah peserta didik termasuk alat
peraga pendidikan bagi peserta didik penyandang disabilitas (bagi yang tidak
memiliki akses ke pembelajaran daring).
d. Berkoordinasi
dengan dinas pendidikan, dan/atau dinas sosial, dan/atau dinas pemberdayaan
perempuan dan perlindungan anak untuk pengupayaan adanya layanan dukungan
psikososial bagi pendidik, orang tua/wali, dan peserta didik. Layanan
psikososial dapat menggunakan berbagai saluran, diantaranya:
1) layanan
psikososial yang disediakan oleh Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan
COVID-19 melalui pusat panggilan atau call center 119 extention 8;
2) layanan
psikososial oleh Himpunan Psikologi Indonesia melalui http://bit.ly/bantuanpsikologi
3) layanan
psikososial oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia http://www.pdskji.org/ ;
dan/atau
4) layanan
psikososial oleh pekerja sosial, hubungi dinas sosial setempat.
6. Membuat
program pengasuhan untuk mendukung orang tua/wali dalam mendampingi peserta
didik belajar, minimal satu kali dalam satu minggu. Materi tentang pengasuhan
dapat dilihat pada laman https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/
7. Membentuk
tim siaga darurat untuk penanganan COVID-19 di satuan pendidikan, memberikan
pembekalan mengenai tugas dan tanggung jawab kepada tim, dan berkoordinasi
dengan dinas pendidikan dan/atau gugus tugas penanganan COVID-19 setempat
dan/atau fasilitas kesehatan/rujukan penanganan COVID-19 terdekat.
8. Memberikan
laporan secara berkala kepada dinas pendidikan dan/atau pos pendidikan daerah
terkait:
a. kondisi
kesehatan warga satuan pendidikan;
b. metode
pembelajaran jarak jauh yang digunakan (daring/luring/kombinasi daring dan
luring);
c. jumlah
peserta didik yang belum bisa terlayani;
d. kendala
pelaksanaan BDR; dan
e. praktik
baik dan capaian hasil belajar peserta didik.
Pelaksanaan Belajar Dari Rumah oleh Guru
Guru
memfasilitasi pelaksanaan PJJ secara daring, luring, mupun kombinasi keduanya
sesuai kondisi dan ketersediaan sarana pembelajaran.
1. Menyiapkan
rencana pelaksanaan pembelajaran jarak jauh Referensi perencanaan PJJ baik
secara daring maupun luring dapat dilihat pada portal Guru Berbagi https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/.
Dalam
menyiapkan pembelajaran, guru perlu memastikan beberapa hal berikut:
a. memastikan
kompetensi pembelajaran yang ingin dicapai. Dilarang memaksakan penuntasan
kurikulum dan fokus pada pendidikan kecakapan hidup.
b. menyiapkan
materi pembelajaran. Dalam pelaksanaan BDR, materi dapat difokuskan pada:
1) literasi
dan numerasi;
2) pencegahan
dan penanganan pandemi COVID-19;
3) Perilaku
Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas);
4) kegiatan
rekreasional dan aktivitas fisik;
5) spiritual
keagamaan; dan/atau
6) penguatan
karakter dan budaya.
c. menentukan
metode dan interaksi yang dipakai dalam penyampaian pembelajaran melalui
daring, luring, atau kombinasi keduanya.
d. menentukan
jenis media pembelajaran, seperti format teks, audio/video simulasi,
multimedia, alat peraga, dan sebagainya yang sesuai dengan metode pembelajaran
yang digunakan; dan
e. guru
perlu meningkatkan kapasitas dengan mengikuti pelatihan daring yang disediakan
oleh pemerintah maupun lembaga non pemerintah guna mendukung keterampilan
menyelenggarakan PJJ pada situasi darurat COVID-19.
2. Fasilitasi
pembelajaran jarak jauh daring
Waktu
pembelajaran daring sepanjang hari menyesuaikan ketersediaan waktu, kondisi,
dan kesepakatan peserta didik dan orangtua/walinya.
Proses
pembelajaran daring terdiri atas:
a. Tatap
muka Virtual melalui video conference, teleconference, dan/atau diskusi dalam
group di media sosial atau aplikasi pesan. Dalam tatap muka virtual memastikan
adanya interaksi secara langsung antara guru dengan peserta didik.
b. Learning
Management System (LMS). LMS merupakan system pengelolaan pembelajaran
terintegrasi secara daring melalui aplikasi. Aktivitas pembelajaran dalam LMS
antara lain pendaftaran dan pengelolaan akun, penguasaan materi, penyelesaian
tugas, pemantauan capaian hasil belajar, terlibat dalam forum diskusi, konsultasi
dan ujian/penilaian. Contoh LMS antara lain:
1) kelas
maya rumah belajar, https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id
2) google
classroom, https://classroom.google.com/u/0/h
3) ruang
guru, https://ruangguru.com/login/student
4) zenius,
https://www.zenius.net/
5) edmodo,
https://www.edmodo.com/
6) moodle,
https://moodle.org/
7) siajar
LMS seamolec, https://lms.seamolec.org/siajar-lms.php
8) dan lain sebagainya
Comments
Post a Comment